Cara Membedakan Burung Cucak Ijo Jantan dan Betina

Cara membedakan burung cucak ijo jantan dan betina – Burung cucak ijo adalah burung yang indah dan popular saat ini. Banyak sekali orang yang jatuh hati dengan burung yang memiliki bulu berwarna hijau ini. Walupun diluar sana banyak sekali burung yang tak kalah indah dengan cucak ijo, namun hal itu tak membuat burung cucak ijo tersingkirkan dari hati penggemar burung. Burung cucak ijo senang tinggal di alam bebas dan mereka makan buah-buahan atau serangga. Tak hanya penampilan fisiknya saja yang memikat. Burung cucak ijo ini juga memiliki suara yang merdu dan membuat siapa saja jatuh cinta denganya. Membahas tentang kicauan burung cucak ijo, Cucak ijo jantan memiliki suara yang lebih khas dan merdu daripada cucak ijo betina. Oleh karena itu, mengapa cucak ijo jantan lebih diminati daripada burung cucak ijo betina. Nah, masalahnya banyak masyarakat yang masih bingung membedakan mana burung cucak ijo betina dan mana yang jantan. Sebelum membeli, disarankan anda mengetahui apa saja perbedaan dari burung cucak ijo betina dan jantan. Berikut ini beberapa perbedaan yang mungkin bisa membantu anda.

Lingkar mata

Jika menginjak usia dewasa, maka akan terlihat perbedaan lingkar mata pada burung cucak ijo. Untuk burung cucak ijo jantan akan memiliki lingkar mata yang berwarna kuning tegas. Sedangkan burung cucak ijo betina akan memiliki lingkar mata yang berwarna putih.

Paruh bawah

Saat hendak membeli burung cucak ijo, anda bisa juga mengamati perbedaan dengan melihat paruh bagian bawah pada burung cucak ijo. Burung cucak ijo jantan paruh bawahnya akan berwarna coklat gelap, sedangkan burung cucak ijo betina memiliki paruh bawah yang berwarna putih bersih.

Tulang supit

Selain itu, anda juga bisa melihat perbedaan burung cucak ijo betina dan jantan melalui tulang supitnya. Burung cucak ijo jantan memiliki tulang supit yang kaku serta keras. Sedangkan burung cucak ijo betina memiliki tulang supit yang lebih lentur sehingga bisa bergeser ke kanan atau ke kiri.

Leher

Perbedaan lainya adalah perbedaan leher. Pada usia 4 sampai 6 bulan, burung cucak ijo memiliki warna leher yang agak kuning. Namun warna kuning tersebut lama-lama akan berubah menjadi warna putih kehijau-hijauan. Perbedaannya dengan burung cucak ijo jantan adalah, burung cucak ijo memiliki leher yang berwarna kuning juga namun lama-lama akan berubah warna menjadi hitam.

Baca Juga:

Itulah beberapa perbedaan yang mungkin bisa membantu anda dalam membedakan mana burung cucak ijo betina dan mana burung cucak ijo yang jantan. Sebenarnya membedakan antara keduanya tidaklah terlalu sulit. Bila anda hendak membelinya, tanyakan langsung pada penjualnya. Mereka biasanya lebih tau perbedaan antara betina dan jantan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Juraganburung.com - Informasi Seputar Burung Kicauan Indonesia © 2016 Frontier Theme
Ompoker.asia Judi Online, Qiu Qiu, Poker Online, Capsa Susun Terpercaya