Cara Mengatasi Cendet Macet

Cara Mengatasi Cendet Macet – Dalam kondisi seperti ini sangat dipastikan akan sangat merepotkan para pemeliharaan burung, terutamanya burung kicau. Burung kicau yang tidak mau berbunyi ini disebut dengan istilah macet bunyi atau mogok bunyi.

12

Sangat dipastikan akan sangat merugikan para pemelihara, dikarenakan tujuan dalam pemeliharaan akan membantu meningkatkan kualitas bunyi yang akan dihasilkan. Nah, jika anda dalam kondisi cendet macet haruslah dilakukan tindakan segera dengan mengetahui kondisi burung, penyebab dan juga cara penanganannya.

Penyebab Cendet Macet

Penyebab burung cendet macet atau tidak mau berbunyi biasa disebabkan beberapa hal, diantaranya sebagai berikut:

  • Biasanya disebabkan karena burung strek diakibatkan seperti adanya gangguan dari luar kandang burung ( sangkar jatuh, binatang buas dan lain-lain).
  • Disebabkan oleh makanan yang tidak terbiasanya seperti mengantikan merk voer, pemberian jumlah jangkrik tidak pada biasanya, atau makanan yang seperti tidak biasanya diberikan.
  • Disebabkan kalah saing dengan burung lainnya mulai dari bentuk, gerakan dan yang paling utama adalah suara yang tidak bisa ditandingi ketika didengar.
  • Disebabkan perubahan masa memasuki mabung atau ngurak.

Cara Mengatasi Cendet Macet

Untuk dapat mengatasi cendet macet, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu sebagai berikut:

  1. Karantina:

Hal yang harus dilakukan paling utama adalah mengasingkan atau memisahkan cendet macet dengan burung lainnya. Jangan sampai burung macet bunyi mendengar suara kicauan yang ada dikelilingnya. Hal ini akan membuat burung mmacet bunyi semakin stres dan drop serta kesehatan akan menurun.

  1. Memandikan Malam Hari

Anda juga bisa mengaplikasikan terapi mandi malam pada burung macet bunyi. Biasanya dilakukan pada jam 19.00 hingga jam 10 malam. Dalam memandikan burung tidak boleh disemprot atau terlalu basah dan angin-anginkan terlebih dahulu serta berikan jangkrik sesuai dengan biasanya.

  1. Melakukan Pengembunan

Teknik pengembunan memang sangat banyak dilakukan, ternyata teknik ini juga akan sangat membantu membuat cendet macet berhenti secara perlahan-lahan.  Hal ini disebabkan karena teknik pengembunan akan mengembalikan stamina, eksprisi, menghilangkan stres dan drop sehingga akan membantu membuat burung berkicau kembali.

  1. Pemberian Suplemen atau pakan tambahan

Cara mengatasi yang terakhir bisa dilakukan dengan pemberian suplemen yang dijual di pasar dan juga memberikan pakan tambahan yang memiliki nutrisi dan kandungan cukup tinggi misalnya kroto dan ulat. Dengan begitu akan membantu meningkatkan kembali suara pada burung cendet.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang cara mengatasi burung cendet macet semoga berguna dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Juraganburung.com - Informasi Seputar Burung Kicauan Indonesia © 2016 Frontier Theme
Ompoker.asia Judi Online, Qiu Qiu, Poker Online, Capsa Susun Terpercaya