Cara Perawatan Burung Kacer Untuk Lomba

Cara Perawatan Burung Kacer Untuk Lomba – Bagi anda yang penggemar burung dan telah berpengalaman dalam merawat burung kacer, pasti tidaklah sulit untuk menemukan karakter asli dari burung tersebut. Anda yang telah berpengalaman pasti tahu betul bagaimana cara merawat burung kacer yang benar agar tetap prima dan sehat selalu. Apalagi burung kacer anda sering ikut lomba. Pasti anda akan menjaganya betul-betul. Namun bagimana jika anda adalah seorang pemula? Perlombaan burung memang banyak diminati masyarakat. Banyak penggemar burung diluar sana yang berlomba-lomba dengan burung-burung kesayangan mereka. Itulah mengapa burung kacer perlu dirawat dengan baik agar juara saat lomba. Berikut ini adalah tips dan cara perawatan burung kacer untuk lomba.

  1. Tiga hari sebelum mengikuti lomba, disarankan burung kacer memakan jangkrik lebih daripada biasanya. Misalnya, setiap harinya ia makan 2 jangkrik, maka tiga hari sebelum lomba disarankan untuk memakan 5 ekor jangkrik.
  2. Dua atau tiga hari sebelum mengikuti lomba, tidak perlu menjemur burung kacer terlalu lama. Hal ini dikarenakan pada saat lomba burung kacer sudah dijemur dalam waktu yang cukup lama. Terlalu lama menjemur burung kacer akan berdampak bagi kesehatan dan suara burung kacer itu sendiri. Cukup jemur 30 menit saja sehari dibawah matahari pagi yang masih hangat.
  3. Beberapa jam sebelum lomba, disarankan burung kacer diberi makanan tambahan berupa jangkrik sebanyak 6 ekor. Hal itu bertujuan agar suara burung lebih gacor dan lama. Selain itu, anda juga bisa memberinya 16 ekor ulat hongkong pada burung kacer. Tujuannya sama yaitu agar membuat suaranya lebih kuat dan gacor.
  4. Selain itu, perawatan burung kacer sebelum lomba bisa juga dengan memberikan larva tawon. Tujuan dari diberikanya larva tawon ini adalah untuk menjaga stamina dari burung kacer itu sendiri. Namun pemberianya harus disesuaikan karena lava tawon memiliki efek panas bagi tubuh burung kacer.
  5. Pemberian kroto juga bisa menjadi pilihan. Kroto mengandung cukup banyak protein yang baik untuk burung kacer agar mau bersuara lebih sering. Pemberian kroto sangat cocok bagi burung kacer rumahan ataupun yang akan mengikuti lomba. Namun perlu diperhatikan bahwa pemberian kroto ini bisa meningkatkan birahi pada burung kacer sehingga diperlukan takaran yang pas dan sesuai agar tak berdampak terlalu buruk.
  6. Anda juga bisa memberikan ulat bumbung atau ulat daun pisang untuk mendinginkan suhu tubuh burung kacer. Ulat bumbung dan ulat daun pisang juga berguna untuk menurunkan tingkat overbirahi pada burung kacer.

Baca Juga:

Itulah beberapa cara dan perawatan bagi burung kacer yang akan mengikuti lomba. Yang terpenting adalah, penuhi selalu kebutuhan burung seperti memberinya makanan yang berkualitas dan selalu menjaga kebersihan serta kesehatan burung itu sendiri. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Juraganburung.com - Informasi Seputar Burung Kicauan Indonesia © 2016 Frontier Theme
Ompoker.asia Judi Online, Qiu Qiu, Poker Online, Capsa Susun Terpercaya