Ciri ciri burung trucukan jantan dan betina

Ciri ciri burung trucukan jantan dan betina – Hal yang sering menjadi masalah dalam memelihara burung adalah kemiripan antara burung jantan dan betina. Sehingga banyak orang yang membeli burung salah satunya trucukan mengalami kesulitan dalam hal tersebut. Pycnonotus goiavier adalah nama ilmiah dari burung trucukan. Burung trucukan ini adalah burung pengicau.

ciri burung trucukan jantan dan betina

Burung ini juga satu kerabat dengan jenis burung cucak cucakan lainya seperti cucak gunung, cucak rawa, cucak kerinci, dan lain lain. Burung yang memiliki panjang tubuh 20 cm ini memiliki sebutan yang berbeda-beda pada tiap daerah. Namun sekarang nama populernya adalah burung trucukan dan sudah menjadi hal umum di kalangan pecinta burung. Trucukan adalah burung yang cerdas. Ia juga termasuk burung yang aman dan jinak bagi manusia.

Baca: Jenis Tanaman Liar Yang Bermanfaat Untuk Obat Herbal

Namun bagaimana bila kita hendak membedakan mana burung trucukan jantan dan mana burung trucukan betina? Simak beberapa hal dibawah ini.

Dari segi suara

Cara yang paling umum digunakan para penggemar burung untuk membedakan mana burung betina dan mana burung jantan adalah dengan membandingkan suaranya. Bisa dari volume yang dihasilkan ataupun bentuk kicauan. Burung trucukan jantan memiliki suara yang lebih keras dan lebih lantang daripada burung trucukan betina yang memiliki suara yang cukup lirih dan pelan. Anda bisa tanyakan langsung kepada ahlinya untuk benar-benar bisa membandingkan mana suara betina dan mana suara burung trucukan jantan.

Keadaan mabung

Anda juga bisa melihat dan membedakan mana burung trucukan jantan dan mana burung trucukan betina dengan melihat kondisinya saat mabung. Pada burung trucukan jantan yang mabung, mereka akan tetap rajin berkicau dan aktif. Sedangkan pada burung trucukan betina yang mabung, biasanya akan jarang berbunyi atau bahkan sampai macet bunyi untuk beberapa waktu.

Kicauan

Untuk membedakan mana jantan dan betina, anda dapat meilihat dari variasi kicauan dari burung trucukan itu sendiri. Pada burung trucukan jantan, suara kicauanya akan lebih panjang dan bervariasi. Sedangkan pada burung trucukan betina, variasi suaranya sedikit dan pendek sehingga bisa dikatakan monoton daripada burung trucukan jantan.

Ukuran tubuh

Cara membedakan burung trucukan jantan dengan burung trucukan betina bisa juga dilihat melalui bentuk tubuhnya. Banyak yang berkata bahwa burung trucukan jantan memiliki tubuh yang lebih besar dan burung trucukan betina memiliki ukuran tubuh yang relative lebih kecil. Hal itu memang adanya. Cara ini adalah paling mudah untuk diamati.

Bentuk leher

Untuk lebih detail lagi dalam membedakan secara fisik mana burung trucukan jantan dan mana yang betina, anda dapat meilihat dari bentuk leher kedua jenis burung tersebut. Pada burung trucukan jantan lehernya akan terlihat lebih kekar dan tebal daripada yang betina.

Baca Juga:

Itulah beberapa cara mudah membedakan mana burung trucukan jantan dan betina. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Juraganburung.com - Informasi Seputar Burung Kicauan Indonesia © 2016 Frontier Theme
Ompoker.asia Judi Online, Qiu Qiu, Poker Online, Capsa Susun Terpercaya
  • hasil bola terbaru
  • Mulai Jadwal Pertandingan Hingga Hasil Akhir Di Lapangan Hijau.
  • acp seven surabaya
  • acp seven surabaya