Tips Merawat Burung Poksay Agar Gacor dan Berkicau

Tips Merawat Burung Poksay Agar Gacor dan Berkicau – Memiliki peliharaan burung dirumah adalah hal yang menyenangkan bagi para pecinta makhluk berkicau ini. Ada beberapa orang yang suka memelihara berbagai jenis burung. Mulai yang paling langka sampai yang paling sering ditemui. Atau memelihara burung berdasarkan harganya yang selangit. Tapi banyak juga orang yang hanya suka memelihara satu jenis burung saja.

Burung Poksay mungkin bisa menjadi pilihan. Poksay adalah burung yang memiliki suara yang keras dan berulang. Burung poksay sendiri dibagi menjadi 2 yaitu import dan local. Burung poksay import biasanya didatangkan dari hongkong, sedangkan poksay local biasanya memiliki suara yang kencang dan berulang-ulang. Itu mengapa banyak orang menyukai burung poksay. Burung poksay local alias yang berhabitat di Indonesia ada beberapa jenis.

Baca:Teknik Melakukan Pembibitan Burung Merpati

  • Poksay sumatera
  • Poksay kuda
  • Poksay hitam
  • Poksay mantel
  • Poksay genting

Pada artikel ini, saya akan membahas 3 jenis burung poksay local saja yaitu poksay Sumatra, poksay mantel, dan poksay genting sebab ketiga jenis burung poksay itulah yang paling sering dipelihara di Indonesia.

Poksay mantel atau poksay medan

Burung poksay mantel atau medan ini tidak hanya dijumpai di wilayah Indonesia saja. Namun juga banyak ditemukan di wilayah semenanjung Malaysia, bagian utara Kalimantan, dan bahkan brunei Darussalam. Suara burung poksay jenis ini sangat kencang dan keras sehingga diharapkan untuk menggantung burung ini dari jenis-jenis burung lainnya yang suaranya tak sekencang poksay mantel. Sebab, burung-burung lain itu dikhawatirkan kaget dan stress. Burung poksay mantel juga termasuk monomorfik, yang artinya penampilan fisik burung jantan mirip dengan penampilan fisik burung betina. Sehingga terkadang susah untuk melakukan kawin antar burung.  Yang membedakan burung betina dengan jantan hanyalah suaranya. Burung poksay mantel betina memiliiki panggilan atau suara yang monoton, sedangkan burung poksay mantel jantan memiliki suara yang lantang dengan berbagai variasi.

Perawatan

Burung poksay mantel adalah burung yang tergolong atraktif dan aktif. Bila sedang berkicau, mereka biasa memainkan sayapnya. Itu mengapa bila anda memelihara burung ini sebaiknya menggunakan sangkar yang besar. Pakan yang diberikan bisa berupa buah-buahan atau serangga seperti jangkrik. dan ulat bamboo. Untuk pakan harian bisa diberikan 6 jangkrik sehari atau 1-2 ekor ulat bamboo per harinya.

Poksay genting atau mandarin

Burung yang satu ini memiliki habitat di Indonesia, Malaysia, brunei Darussalam, dan Thailand. Burung poksay jenis ini sangat mudah ditemui di pasar-pasar burung.  Suaranya mirip poksay hongkong tapi variasinya lebih sedikit.

Perawatan

Burung poksay genting membutuhkan perawatan yang baik dan konsisten. Makanan yang diberika bisa berupa buah-buahan terutama papaya. Burung ini juga membutuhkan sangkar yang luas dan kokoh.

Poksay Sumatra

Populasi burung poksay yang satu ini bisa dikatakan kritis akibat dari perburuan liar. Burung ini hanya bisa ditemui di pulau Sumatra. Burung poksay ini mirip dengan poksay jambul dari segi penampilan dan suaranya

Perawatan

Apapun jenis burung posay yang anda pelihara, semuanya membutuhkan perawatan agar sang burung dapat tetap berkicau dan sehat. Pemberian makanan, multivitamin, dan ekstra feeding sangat disarankan. Pemilihan sangkar dan tempat tenggeran juga sangat mempengaruhi kondisi dari poksay itu sendiri.

Baca Juga:

Itulah informasi sekilas tentang burung poksay agar gacor dan berkicau semoga bermanfaat bagi para pecinta burung kicauan mania.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Juraganburung.com - Informasi Seputar Burung Kicauan Indonesia © 2016 Frontier Theme
Ompoker.asia Judi Online, Qiu Qiu, Poker Online, Capsa Susun Terpercaya